16 Mei 2011


Tips Cara Cepat Mengetik 10 Jari

Setiap hari kita selalu berhadapan dengan yang nama nya komputer untuk mengetik ataupun untuk bermain.. dan sering kali kita menggunakan keyboard untuk berbagai hal. Misalnya untuk menulis surat, menulis nama, chatingan.. ataupun yang laen.. tapi sadarkah bahwa jari yang di pakai untuk mengetik itu selalu sama dan biasanya orang hanya menggunakan 7 jari saja untuk mengetik cepat.. Sebagai bukti aku yakin teman2 pasti jarang bahkan tidak pernah menggunakan jempol untuk mengetik padahal jempol akan sangat berguna jika di fungsikan dengan tepat dan sepuluh jari kita mempunyai tugas nya masing2 untuk mengetik.
Pertama untuk mahir mengetik 10 jari, terlebih dahulu kita harus tahu posisi jari yang tepat. Lihat gambar dibawah ini :
Tangan Kiri
Jari Kelingking :
Baris Pertama = ‘ dan 1
Baris Kedua = Tab dan Q
Baris Ketiga = Capslock dan A
Baris Keempat = Shift kiri dan Z
Baris Kelima = Ctrl dan Windows
Jari Manis :
Baris Pertama = 2
Baris Kedua = W
Baris Ketiga = S
Baris Keempat = X
Jari Tengah :
Baris Pertama = 3
Baris Kedua = E
Baris Ketiga = D
Baris Keempat = C
Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 4 dan 5
Baris Kedua = R dan T
Baris Ketiga = F dan G
Baris Keempat = V dan B
Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kiri dan Spasi
Tangan kanan
Ibu Jari :
Baris Kelima = Alt kanan dan Spasi
Jari Telunjuk :
Baris Pertama = 6 dan 7
Baris Kedua = Y dan U
Baris Ketiga = H dan J
Baris Keempat = N dan M
Jari Tengah :
Baris Pertama = 8
Baris Kedua = I
Baris Ketiga = K
Baris Keempat = ,
Jari Manis :
Baris Pertama = 9
Baris Kedua = O
Baris Ketiga = L
Baris Keempat = .
Jari Kelingking :
Baris Pertama = 0, -, = dan BackSpace
Baris Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga = , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat = / dan shift kanan.
Coba saja mengetik asal-asalan untuk membiasakan diri dengan posisi jari tersebut. Jika sudah terbiasa dengan posisi jari tersebut, anda dapat meningkatkan skill anda dengan mengecek speed mengetik pada http://indonesian-speedtest.10-fast-fingers.com/
di situs ini anda akan tau seberapa cepat anda mengetik.
1. Fungsi Jari Kiri
Kelingking : Huruf A, Q, Z, Angka 1 dan tombol Shift, Tab, CapsLock
Manis : Huruf W,S,X dan Angka 2
Tengah : Huruf E,D, C dan Angka 3
Telunjuk : Huruf R, F,T, V, G, B, Y dan Angka 4,5,6

2. Fungsi Jari Kanan
Telunjuk : Huruf Y,U,H,J,B,N,M dan Angka 6,7
Tengah : Huruf I,K,tanda koma dan Angka 8
Manis : Huruf L,O tanda titik dan angka 9
Kelingking : Huruf P, tanda titik koma dan tanda slash

3. Fungsi Jempol kiri dan kanan adalah untuk space bar

4. Untuk melatih jari adalah dengan belajar mengetik huruf secara kontinue dengan jari sesuai dengan fungsinya contoh :

dengan membiasakan jari kelingking dengan mengetik huruf : a a a a a a a a a dst (tidak dengan menekan terus tapi menekan dengan masing masing 1 hentakan ) maka lama - lama jari akan terbiasa.

5. Posisi mengetik adalah 50 cm dari layar monitor, dengan letak naskah lebih bagus disebelah kanan atau kiri dengan posisi berdiri (buat papan untuk naskah dengan jepitan) sehingga daerah mata dan pangkal leher tidak cepat pegal.

6. Posisi pangkal jari tangan tidak boleh menempel meja atau keyboard karena akan mempengaruh otot2 di pundak, harus rileks dengan posisi menggantung.

Mengetik merupakan kegiatan yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di kantor, di sekolah, maupun di rumah. Bahkan kalau Anda menjadi seorang pebisnis online pekerjaan yang akan sering Anda lakukan adalah mengetik. Namun Belajar Mengetik Sepuluh Jari ternyata tidak sesusah yang kita bayangkan, namun memang memerlukan disiplin yang tinggi untuk memulainya. Belajar Mengetik Sepuluh Jari apabila saya umpamakan sama seperti kita belajar naik sepeda, apabila kita sudah lancar menaikinya maka untuk selamanya kita tidak akan lupa bagaimana bersepeda, begitu juga Mengetik Sepuluh Jari, apabila kita sudah bisa mengetik tanpa perlu melihat keyboard maka untuk selamanya kita tidak akan lupa bagaimana caranya dan akan selalu ingat dimanakah letak tombol yang ingin kita tekan dan memakai jari apa saja yang harus digunakan.



Berikut adalah kelebihan kita Mengetik Sepuluh Jari dibandingkan apabila kita mengetik dengan sebelas jari (mengetik dengan telunjuk kiri dan telunjuk kanan):

1. Orang yang sudah lancar Mengetik Sepuluh Jari, hasil ketikannya akan jarang sekali terjadi kesalahan atau bahkan tidak akan pernah ada kesalahan dalam menulis setiap katanya. Hal ini dikarenakan matanya selalu tertuju pada monitor, jadi apapun yang di tekan oleh jari-jarinya akan segera ketahuan apabila terjadi salah ketik dan kita pun bisa langsung mengkoreksinya.
2. Selain itu dengan Mengetik Sepuluh Jari, maka jari kita tidak akan cepat lelah. Karena setiap jari kita sudah mempunyai tugasnya masing-masing dalam menekan tombol pada keyboard. Tangan kita pun tidak akan cepat pegal, karena pergelangan kita tidak banyak berpindah tempat apalagi kalau bisa bersandar pada meja.
3. Dan yang terakhir tentu saja kita bisa mengetik dengan lebih cepat dibandingkan dengan mengetik dengan sebelas jari. Kita tidak perlu melihat keyboard lagi untuk mengetik, mata kita bisa tertuju hanya melihat monitor jadi mata kita tidak perlu berpindah tempat. Kita tidak perlu lagi melihat keyboard lalu melihat monitor apakah hasil ketikannya telah sesuai dengan yang kita tekan dan kembali melihat keyboard lagi (Cuape Dueeh). Sehingga hasil ketikan kita akan lebih cepat selesai.

Berikut adalah illustrasi yang dapat saya gambarkan apabila kita ingin menyalin buku/laporan atau apapun ke dalam MS Word dengan menggunakan Sepuluh Jari atau Sebelas Jari (telunjuk kanan dan telunjuk kiri kita).

Sebelas Jari : Membaca Buku --> Melihat Keyboard --> Mengetiknya --> Melihat Monitor --> Mengkoreksinya (apabila ada kesalahan) dengan Melihat Keyboard lagi (Ada 5 Kegiatan)

Bandingkan dengan

Sepuluh Jari : Membaca Buku (cukup 1 paragraf) dan Mengetik pada Keyboard bisa dilakukan secara bersamaan --> Melihat ke Monitor dan bisa langsung mengkoreksinya tanpa perlu Melihat Keyboard lagi (Cukup 2 Kegiatan)

Hal ini merupakan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan dengan Mengetik Sebelas Jari dan Anda pun bisa menilai manakah yang lebih cepat selesai Mengetik Sebelas Jari atau dengan Mengetik Sepuluh Jari.

Berikut adalah bagaimana cara tercepat untuk Belajar Mengetik Sepuluh Jari (berdasarkan pengalaman saya):

Untuk tahap awal Anda hanya perlu menghapal letak tombol A S D F J K L : ini dapat juga disebut home row. Apabila Anda baru mau memulai menekan tombol dan setelah menekan tombol biasakanlah untuk meletakkan jari jari kita kembali ke tombol tersebut.

Tangan Kiri
A : Jari Kelingking
S : Jari Manis
D : Jari Tengah
F : Jari Telunjuk
Spacebar : Jari Jempol

Tangan Kanan
J : Jari Telunjuk
K : Jari Tengah
L : Jari Manis
: : Jari Kelingking
Spacebar : Jari Jempol

Apabila anda perhatikan, pada permukaan tombol F dan J (tombol yang aneh) pasti ada yang berbeda pada permukaannya ada sesuatu yang timbul apabila kita merabanya (kayak jerawat aja). Lain daripada tombol yang lain, hal ini dikarenakan tombol F dan J memang didesain agar kita tidak perlu melihat keyboard lagi untuk menemukan huruf tersebut, kita cukup mencari tombol tersebut dengan jari telunjuk kita (tuh kan sama kayak jerawat). Letakkan tombol F pada jari telunjuk kiri Anda dan tombol J pada jari telunjuk kanan Anda. Dan sesuaikan jari yang lain pada kanan kirinya.



0 komentar:

Poskan Komentar

papan iklan contak kami

Curug Malela... Niagara from Bandung

Curug Malela , Niagara Mini From Bandung Slideshow: PreeSella’s trip to Bandung, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bandung slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

iklan berjalan ( kendaraan roda empat)

iklan berjalan ( kendaraan roda empat) kami mencari perusahaan telekomunikasi yang mau bekerja sama untuk pemasangan iklan berjalan pada kendaraan roda empat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813.8082.2272. kami berlokasi di Jakarta Pusat..