27 Juni 2011

5 Tips Mudah Redakan Sakit Punggung

Jakarta - Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.

Rasa sakit pada punggung, baik yang ringan atau kronis tentunya akan menghambat aktivitas karena Anda tidak bisa bergerak bebas. Banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit punggung. Beberapa di antaranya posisi duduk yang kurang tepat, trauma otot karena cedera atau kecelakaan, juga peradangan karena penyakit tulang seperti arthritis.

Untuk menyembuhkan sakit punggung, terutama yang sudah akut memang diperlukan perawatan medis dari dokter. Tapi Anda bisa meredakan rasa sakitnya dengan lima tips yang dikutip dari Lifemojo berikut ini.

1. Kalsium
Kalsium membantu membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis pada tulang belakang. Jika sakit pada punggung belum terlalu parah, biasakan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, sayuran berdaun hijau, wijen, keju, yoghurt dan ragi. Tulang ikan juga merupakan sumber kalsium. Untuk mengonsumsinya, masak dengan cara dipresto atau pepes agar tulangnya lunak dan bisa dimakan.

2. Terapi Panas
Untuk nyeri punggung yang sudah cukup kronis, lakukan terapi panas. Tempelkan kantung karet berisi air panas selama 20 menit pada area yang sakit. Cara ini akan meredakan rasa sakit.

3. Minyak Eucalyptus
Minyak eucalyptus merupakan bahan alami yang dikenal efektif menyembuhkan sakit punggung. Oleskan 3-4 tetes minyak eucalyptus pada daerah yang sakit. Anda bisa menambahkan juga parutan jahe agar lebih hangat dan menyamankan otot.

4. Bawang Putih
Panaskan minyak kelapa atau minyak wijen bersama 8 siung bawang putih, selama 1-2 menit. Lalu diamkan hingga dingin, dan gunakan campuran tersebut sebagai minyak untuk memijat bagian yang sakit. Biarkan selama 3 sampai 4 jam, lalu mandilah dengan air hangat. Punggung Anda pun akan terasa nyaman dan rasa sakit mereda.

5. Teh Chamomile
Chamomile punya efek menenangkan dan mengendurkan ketegangan otot. Minumlah 1 hingga 3 cangkir teh chamomile untuk menghilangkan rasa sakit pada punggung.

sumber nya

0 komentar:

Poskan Komentar

papan iklan contak kami

Curug Malela... Niagara from Bandung

Curug Malela , Niagara Mini From Bandung Slideshow: PreeSella’s trip to Bandung, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bandung slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

iklan berjalan ( kendaraan roda empat)

iklan berjalan ( kendaraan roda empat) kami mencari perusahaan telekomunikasi yang mau bekerja sama untuk pemasangan iklan berjalan pada kendaraan roda empat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813.8082.2272. kami berlokasi di Jakarta Pusat..