25 Juni 2011

Saat Tertekan Remaja Lebih Stres Dibanding Orang Dewasa





Remaja kadang-kadang tampak berkembang secara berbeda. Banyak yang menyebutnya dewasa muda, tetapi otak remaja sebenarnya sangat berbeda dari orang dewasa, terutama saat tertekan, stres dan membuat keputusan. Remaja bisa lebih stres ketimbang orang dewasa.

"Remaja lebih stres saat tertekan. Jika tekanan itu mengganggu saat membuat keputusan, benar-benar penting untuk memahami mekanisme saraf yang mendasari hubungan antara tingkat stres yang tinggi dan membuat keputusan yang buruk," kata Adriana Galvan, peneliti di University of California, Los Angeles, seperti dilansir Livescience, Sabtu (25/6/2011).

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, Galvan telah melakukan pemindaian otak remaja untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik pada tingkat stres remaja, serta proses berpikir dan pengambilan keputusan.

Ketika remaja telah mengalami hari yang sangat menegangkan (7 pada skala 1 sampai 7), Galvan meminta mereka melakukan scan otak untuk melihat apa yang terjadi dan untuk menguji bagaimana mereka membuat keputusan.

"Para remaja menunjukkan aktivasi lebih dalam pada sistem penghargaan otak daripada orang dewasa ketika membuat pilihan berisiko, dan mereka juga membuat pilihan lebih berisiko daripada orang dewasa," kata Galvan.

Menurut Galvan, perbedaan ini mungkin karena perubahan di wilayah otak yang disebut korteks prefrontal, daerah otak yang membantu mengatur perilaku, termasuk konsekuensi pemahaman masa depan dari tindakan seseorang.

"Pada remaja, daerah ini belum matang. Itulah mengapa remaja sering tampak bertindak tanpa sepenuhnya memahami konsekuensi," jelas Galvan.

Ketika remaja mengalami stres, itu mengganggu kemampuannya untuk membuat keputusan. Hela tersebut mengganggu bagaimana fungsi otak di daerah yang masih berkembang, terutama sistem penghargaan dan korteks prefrontal.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam ScienceNatio, publikasi online National Science Foundation (NSF).



sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

papan iklan contak kami

Curug Malela... Niagara from Bandung

Curug Malela , Niagara Mini From Bandung Slideshow: PreeSella’s trip to Bandung, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bandung slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

iklan berjalan ( kendaraan roda empat)

iklan berjalan ( kendaraan roda empat) kami mencari perusahaan telekomunikasi yang mau bekerja sama untuk pemasangan iklan berjalan pada kendaraan roda empat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813.8082.2272. kami berlokasi di Jakarta Pusat..