24 Juni 2011

Seorang pelajar SMP Alam Bandung, Muhammad Yahya Harlan, 13 tahun, membuat situs mirip Facebook

Sekarang ini jamannya Facebook. Banyak orang yang menggunakan Facebook untuk beragam kepentingan. Namun, situs jejaring sosial terpopuler ini bakal punya saingan. Seorang pelajar SMP Alam Bandung, Muhammad Yahya Harlan, 13 tahun, membuat situs mirip Facebook sebagai jaring pertemanan alternatif di dunia maya. Namanya SalingSapa.com.
Rancangan pelajar SMP Sekolah Alam Bandung itu bernuansa Islami. Anggotanya tak dibatasi umur.



Mengapa mirip Facebook? “Supaya orang bisa saling sapa dengan mudah,” kata ayah Yahya, Yan Harlan, Sabtu (12/2).
Menurut Yan, situs itu sebenarnya telah ada sejak 2009. Namun hingga kini situs yang telah menjaring anggota dari 52 negara itu belum diluncurkan. Sekarang, kata Yan, situs itu telah diakses 400 ribu orang per hari.
Selain bisa untuk saling sapa, SalingSapa.com diisi fitur Al Quran agar orang bisa membacanya atau belajar cara membacanya. Media itu juga menganjurkan pertukaran pesan agama dari ulama ke anggota lain.
Harlan bercerita tentang kegemaran anaknya itu. Kata dia, anaknya telah menyukai komputer sejak usia 3 tahun. Anak pertama dari tiga bersaudara itu mulai belajar programming komputer pada saat kelas 1 SMP. “Bikin situsnya cepat, dalam dua bulan,” katanya.
Selama dua tahun ini, Harlan mengasah kemampuannya di Commlabs ITB. Waktu belajarnya dimulai sepulang sekolah pukul 16.00 hingga malam. “Karena dia memang suka,” kata Yan


Salingsapa.com. Di dunia maya atau internet, kita sudah tak asing lagi dengan Facebook maupun Twitter. Situs Jejaring yang sudah mendunia dengan milliaran akun di dalamnya. Tapi bagaimana dengan Salingsapa.com? Apa dan ciptaan siapa Salingsapa.com tersebut?

Setelah dikejutkan dengan penciptaan anti virus oleh seorang bocah, di Indonesia juga sudah ada yang menciptakan situs jejaring sejenis Facebook maupun Twitter. Situs tersebut adalah Salingsapa.com dan hebatnya lagi yang penciptanya hanya seorang bocah berusia belasan tahun.

Adalah Muhamad Yahya Harlan (13) adalah nama bocah pencipta situs ala Facebook tersebut. Siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung, Jawa Barat, itu menamai situs ciptaannya dengan nama Salingsapa.com.

Dalam situs Salingsapa.com tersebut, Yahya membuat situs jejaring sosialnya penuh fitur yang agak jauh berbeda dengan Facebook. "Awalnya saya lihat di news, ada orang Indonesia yang membuat semacam Facebook dengan bahasa Indonesia. Saya pikir, saya juga bisa buat yang sama dan lebih bagus lagi," kata Yahya, ditemui di sekolahnya di kawasan Dago Atas, Kamis (10/2/2011) kemarin.

Di situs jejaring sosialnya Salingsapa.com, ia membuat fitur Khazanah dan Al-Quran. Dua fitur ini belakangan ternyata banyak digandrungi oleh penggunanya. Dalam dua minggu setelah diluncurkan hingga hari ini sudah mencapai 5.400 penggunanya.

"Di fitur Khazanah, user bisa mendengarkan ceramah-ceramah darai banyak ustad. Sedangkan di fitur Al-Quran, user bisa membaca Al-Quran dari Juz 1 sampai 10, lengkap juga dengan terjemahannya. Atau hanya untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Quran, juga bisa diklik di fitur ini," terang siswa yang hobi mengotak-atik komputer dan main gitar ini.

Selain dua fitur ini, Yahya juga mencantumkan fitur radio yang bisa diperdengarkan selama 24 jam. Dan fitur-fitur lainnya yang hampir sama dengan jejaring sosial umumnya seperti wall (dinding), foto, teman, dan lain-lain.

Berikut Foto Salingsapa.com :

dari berbagai sumber :
tempo interakrif
warta berita.net

0 komentar:

Poskan Komentar

papan iklan contak kami

Curug Malela... Niagara from Bandung

Curug Malela , Niagara Mini From Bandung Slideshow: PreeSella’s trip to Bandung, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bandung slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

iklan berjalan ( kendaraan roda empat)

iklan berjalan ( kendaraan roda empat) kami mencari perusahaan telekomunikasi yang mau bekerja sama untuk pemasangan iklan berjalan pada kendaraan roda empat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813.8082.2272. kami berlokasi di Jakarta Pusat..