26 Oktober 2011

Apa itu Android



Handphone / Hp Android semakin populer di dunia dan menjadi saingan serius bagi para vendor handphone yang sudah ada sebelumnya seperti Nokia, Blackberry dan iPhone.


Tapi bila anda menanyakan ke orang Indonesia kebanyakan “Apa itu Android ?” Kebanyakan orang tidak akan tahu apa itu Android, dan meskipun ada yang tahu pasti hanya untuk orang tertentu yang geek / update dalam teknologi.
Ini disebabkan karena masyarakat Indonesia hanya mengenal 3 merek handphone yaitu Blackberry, Nokia, dan merek lainnya :)

Ada beberapa hal yang membuat Android sulit (belum) diterima oleh pasar Indonesia, antara lain:

  • Kebanyakan handphone Android menggunakan input touchscreen yang kurang populer di Indonesia,
  • Android membutuhkan koneksi internet yang sangat cepat untuk memaksimalkan kegunaannya padahal Internet dari Operator selular Indonesia kurang dapat diandalkan,
  • Dan yang terakhir anggapan bahwa Android sulit untuk dioperasikan / dipakai bila dibandingkan dengan handphone lain macam Nokia atau Blackberry.


Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.
Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.
Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.
Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.
Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Versi Android yang beredar saat ini

Eclair (2.0 / 2.1)
Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.
Handphone Android Eclair 2.1
Froyo (2.2)
Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.
Gingerbread (2.3)
Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.
Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)
Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration.
Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.
Android Honeycomb - Xoom
Google memutuskan untuk menutup sementara akses ke source code Honeycomb, hal ini dilakukan untuk mencegah perusahaan pembuat handphone menginstall Honeycomb pada smartphone.
Karena pada versi Android sebelumnya banyak perusahaan yang menggunakan Android ke dalam tablet PC yang menyebabkan pengalaman buruk penggunanya dan mengesankan citra Android tidak bagus.
Ice Cream Sandwich (4.0)
Anroid 4.0 Ice Cream Sandwich diumumkan pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco) dan resmi dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011 di Hongkong. “Android Ice Cream Sandwich” akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Fitur utama yang ditambahkan di Android 4.0 ialah Face UnlockAndroid Beam, perubahan major User Interface, dan ukuran layar standar (native screen) beresolusi 720p (high definition).

Market Share Android

Pada tahun 2012 sekitar 630 juta smartphone akan terjual diseluruh dunia, dimana diperkirakan sebanyak 49,2% diantaranya akan menggunakan OS Android.
Data yang dimiliki Google saat ini mencatat bahwa 500.000 Handphone Android diaktifkan setiap harinya di seluruh dunia dan nilainya akan terus meningkat 4,4% /minggu.
PlatformAPI LevelDistribution
Android 3.x (Honeycomb)110,9%
Android 2.3.x (Gingerbread)9-1018,6%
Android 2.2 (Froyo)859,4%
Android 2.1 (Eclair)5-717,5%
Android 1.6 (Donut)42,2%
Android 1.5 (Cupcake)31,4%
Data distribusi versi Android yang beredar di dunia sampai Juni 2011

Applikasi Android

Android memiliki basis developer yang besar untuk pengembangan applikasi, yang membuat fungsi Android menjadi lebih luas dan beragam. Android Market merupakan tempat applikasi Android didownload baik gratis ataupun berbayar yang dikelola oleh Google.
Applikasi Android di smartphone
Meskipun tidak direkomendasikan, kinerja dan fitur Android dapat lebih ditingkatkan dengan melakukan Root Android. Fitur seperti Wireless TetheringWired Tethering, uninstall crapware, overclock prosessor, dan install custom flash ROM dapat digunakan pada Android yang sudah diroot.


KLIK ANDROID


sekarang sudah beredar Hp dengan program Adroid yang sangat murah yang paling baru seperti IMO X3


Ini merupakan Tablet PC kedua IMO Mobile Entertainment setelah IMO Tab X7. Dengan struktur disain yang hampir sama, Tablet Android berlabel IMO X3 ini menyasar segmen low end. Hal ini terlihat dari banderolan harga yang jauh lebih murah ketimbang IMO Tab X7. Berdasarkan iklan di media cetak, IMO Tab X3 dibanderol dengan harga Rp 799.000,- di pasaran kemungkinan harganya bisa mencapai Rp 1,3 juta-an.
Sebagai Tablet PC murah meriah, tentunya fasilitas yang ditawarkan pun minimalis. Ya, IMO Tab X3 tak didukung slot SIM card, dengan artian tanpa dukungan network seluler. Meski begitu, buat keperluan browsing internet serta menikmati konten online, IMO X3 dibekali koneksi WiFi 802.11 b/g.
Untuk sistem operasi, IMO X3 sudah menggunakan Android versi 2.2 Froyo, yang didukung chipset prosesor WM8650 400 MHz. Soal fitur, Tablet Android IMO X3 ini memang tergolong minimalis alias standar. Meski begi, buat keperluan entertain saja sih sudah lumayan baik. Tengok saja kamera, audio/video player, YouTube serta slot memori ekspansi dengan kapasitas maksimal 32GB.
Fasilitas lain yang juga disediakan IMO X3 diantaranya E-book, Document to Go (Word, Excel, Powerpoint, pdf), Gmail, Google Search, App market, Clock dan G-sensor. Sumber powernya berasal dari baterai lithium ion 1450 mAh, yang bisa menyuplai waktu standby hingga 10 jam dan untuk video player selama 3 jam. Di paket penjualannya, IMO X3 memberikan gratis microSD card 4GB dan konektor modem.
Spesifikasi:
Layar: 7 inci, TFT Touchscreen WVGA wide-screen (800×480 piksel), 16:9; OS: Android 2.2 Froyo; Prosesor: WM8650, 400 MHz; Kamera: Ada; Memori internal: 256MB RAM, 2GB storage; Memori eksternal: microSD up to 32GB; Konektivitas: WiFi 802.11 b/g, kabel data; Browser: HTML; Fitur lain: Web video with YouTube Icon, Stereo speaker, Audio/video player, E-book, Document to Go (Word, Excel, Powerpoint, pdf), Gmail, Google Search, App market, Clock, G-sensor; Baterai: Lithium ion 1450 mAh; Standby: 10 jam; Video player: 3 ja

2 komentar:

etikush mengatakan...

mksdnya android tuh pengembangan dari linux yach
tapi suka ada yang bilang klo android lebih gampang kena virus

peri iskandar mengatakan...

semua yang berhubungan dengan internet pasti kena dampak virus yang merajalela..... so hati2 ajah klo browsing di internet dan seminggu sekali upadte scan komputernya biar virus nya bersih heheh :D

Poskan Komentar

papan iklan contak kami

Curug Malela... Niagara from Bandung

Curug Malela , Niagara Mini From Bandung Slideshow: PreeSella’s trip to Bandung, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Bandung slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

iklan berjalan ( kendaraan roda empat)

iklan berjalan ( kendaraan roda empat) kami mencari perusahaan telekomunikasi yang mau bekerja sama untuk pemasangan iklan berjalan pada kendaraan roda empat, untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0813.8082.2272. kami berlokasi di Jakarta Pusat..